Gy3ZRPV8SYZ53gDjSFGpi7ej1KCaPY791pMbjB9m
Bookmark

Proyek Kereta Cepat Jakart-Bandung Dipastikan Beroperasi Bulan Juli

Proyek Kereta Cepat Jakart-Bandung Dipastikan Beroperasi Bulan Juli
Proyek Kereta Cepat Jakart-Bandung Dipastikan Beroperasi Bulan Juli

RumahCom – Pemerintah terus mengawal proyek infrastruktur transportasi publik KJCB yang akan beroperasi pada tahun ini juga. Saat ini progres proyek KJCB menyisakan pekerjaan sekitar 16 persen dan kereta yang akan melaju 360 km/jam ini akan menjadi yang pertama di Asia Tenggara.

Kementerian Perhubungan memastikan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KJCB) akan beroperasi pada bulan Juli 2023. Saat ini proses pembangunan konstruksi proyek transportasi publik premium ini disebut telah mencapai 84 persen atau menyisakan sekitar 16 persen pekerjaan yang harus diselesaikan.

“Saya ditugaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengawal proyek ini dengan dukungan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Menteri BUMN. Targetnya proyek yang sudah ditunggu-tunggu ini sudah bisa dioperasionalkan pada Juli tahun ini juga,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Proyek infrastrktur transportasi publik ini sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai permasalahan perkotaan khususnya masalah kemacetan. Cost yang terbuang percuma dari kemacetan mencapai triliunan setiap tahunnya dan proyek transportasi masal harus terus dikembangkan seperti MRT, LRT, kereta cepat, maupun transportasi publik lainnya.

Budi juga menyebut, dengan akan beroperasinya KJCB, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kereta cepat. Proyek kereta cepat ini dibangun dengan teknologi tinggi dan akan menambah sumber daya kita di bidang perkeretaapian khususnya yang dapat melaju dengan kecepatan 360 km/jam.

Proyek transportasi publik seperti MRT, LRT, dan kereta cepat yang menerapkan teknologi tinggi bisa menjadi laboratorium bagi bangsa Indonesia untuk belajar. Di Eropa, Jepang, atau negara maju lainnya sudahh biasa membangun transportasi publik seperti ini dan Indonesia bisa menerapkan berbagai expertise dari negara lain untuk menghasilkan produk yang lebih baik.

“Saat ini pekerjaan KCJB yang tengah dilakukan antara lain pekerjaan track laying, sistem listrik aliran atas, penyiapan akses dan integrasi antar moda, dan lainnya. Kita ingin masyarakat dimudahkan dengan adanya transportasi publik modern ini,” pungkasnya.

Ingin punya rumah lewat KPR tapi sering ditolak? Simak informasinya di video berikut ini agar lolos KPR bank!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Posting Komentar

Posting Komentar

Posting Komentar