Gy3ZRPV8SYZ53gDjSFGpi7ej1KCaPY791pMbjB9m
Bookmark

Ini Ruas Tol Baru Yang Beroperasi Tahun 2022

Ini Ruas Tol Baru Yang Beroperasi Tahun 2022
Ini Ruas Tol Baru Yang Beroperasi Tahun 2022

RumahCom – Kementerian PUPR mengoperasikan beberapa ruas jalan tol baru selama tahun 2022 dengan total panjang 142 km. Beroperasinya jalan tol baru ini akan terus berlanjut pada tahun 2023 dan 2024 sehingga total panjang jalan tol di Indonesia akan mencapai lebih dari 3.531 km.

Pemerintah terus mendorong proyek infrastruktur jalan tol sebagai salah satu program strategis nasional untuk meningkatkan aksesibilitas antar kawasan hingga pemerataan ekonomi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah mengoperasikan sebanyak 10 ruas jalan tol selama tahun 2022 lalu.

“Kesepuluh ruas jalan tol itu memiliki total panjang hingga 142 km. Pemerintah terus membangun infrastruktur jalan tol untuk menghubungkan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, pelabuhan, dan lainnya sehingga bisa mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Adapun kesepuluh ruas jalan tol yang beroperasi sepanjang tahun 2022 yaitu tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan (11,4 km) yang beroperasi awal tahun 2022. Beroperasinya ruas tol Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan ini telah memberikan dampak besar dengan mudah dan cepatnya akses dari Bandung yang menuju ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Dari Cileunyi-Pamulihan atau sebaliknya yang tadinya membutuhkan waktu 60 menit melalui Jalan Raya Bandung-Cirebon menjadi hanya sekitar 15 menit.

Kemudian Februari 2022 dioperasikan dua ruas jalan tol yaitu Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Sabat sepanjang 11,8 km dan tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,4 km.

Ruas tol Binjai-Stabat merupakan bagian dari tol Trans Sumatera yang akan menguhubungkan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Sementara ruas jalan tol Danowudu-Bitung akan meningkatkan konektivitas di Sulawesi Utara khususnya mempermudah mobilitas barang dan orang dari Manado ke Bitung, termasuk dari Manado menuju Pelabuhan Internasional Bitung dan Likupang.

Selanjutnya Maret 2022 dioperasikan jalan tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum-Jantho sepanjang 6,35 km. Ruas tol ini merupakan salah satu backbone (ruas utama) jalan tol Trans Sumatera yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di wilayah Aceh.

Pada Juli 2022 telah beroperasi jalan tol Cibitung-Cilincing Seksi 2 dan 3 Telaga Asih-Tambelang-Tarumajaya sepanjang 24,45 km. Kehadiran tol Cibitung-Cilincing diharapkan dapat mempercepat mobilitas barang yang berasal dari kawasan industri dan kawasan logistik yang tersebar di Karawang dan Bekasi menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara.

Jalan tol yang telah beroperasi lainnya adalah Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Seksi 3 Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 16,7 km pada Agustus 2022. Nantinya, jika seluruh ruas tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu sepanjang 95,8 km ini tersambung, akan terintegrasi dengan Pelabuhan Baai sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan ekonomi daerah dan konektivitas wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.

Kemudian bulan September 2022 telah dioperasikan sebanyak tiga ruas tol yakni jalan tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Serpong-CBD sepanjang 3,97 km, tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,89 km, dan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Cipinang-Casablanca dan koneksi tol Wiyoto Wiyono Sisi Timur sepanjang 2 km. 

Terakhir pada Desember 2022 dioperasikan jalan tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 Pamulihan-Sumedang-Cimalaka sepanjang 21,1 km. Pengoperasian tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 ini merupakan lanjutan Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan yang telah beroperasi sejak Januari 2022. Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 juga telah dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.  

“Untuk tahun 2023 ini masih ada beberapa ruas jalan tol lagi yang akan beroperasi dengan target sepanjang 488,1 km. Kemudian dilanjutkan tahun 2024 sepanjang 419,99 km sehingga total panjang jalan tol yang akan beroperasi di Indonesia sejak tahun 1978 hingga 2024 sepanjang 3.531,5 km,” beber Basuki.

Menggunakan agen properti untuk membantu proses pembelian rumah menjadi lebih lancar dan mudah, Lalu apa sih untungnya? nonton videonya berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Posting Komentar

Posting Komentar

Posting Komentar